Beberapa Persiapan Sebelum Membangun Sebuah Blog


    Merintis sebuah blog bisa dibilang susah gampang. Bisa jadi susah jika memang kita tidak paham betul caranya ngeblog, tapi bisa jadi malah sebaliknya jika kita sudah paham dan menguasai teknik bermain blog yang tepat dan jitu. Pada gilirannya muncul pertanyaan "Gimana sih caranya membangun sebuah blog agar menjadi blog besar?". Menjawab pertanyaan tersebut harus diketahui terlebih dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan serta kiat-kiat yang mesti diperhatikan ketika ingin membangun sebuah blog ataupun situs web besar. Dan berikut ini telah penulis rangkum beberapa hal yang harus disiapkan;

1. Siapkan Niat yang Benar

    Maksudnya bagaimana menyiapkan niat yang benar? Maksudnya adalah sebelum memutuskan bermain di blogger sangat disarankan untuk menata niat terlebih dahulu, dengan kata lain sebaiknya temen-temen bermain blog tidak terlalu obsesi dapat pundi-pundi uang saja. Niatkan ngeblog untuk berbagi pengalaman, sharing pengetahuan atau jadikan ngeblog sebagai hobi untuk melepas rasa bosan di waktu senggang. Maka dari itu, temen-temen yang merasa memiliki minat menulis yang tinggi sangat cocok untuk menggeluti dunia blogging.

    Poin pertama ini adalah salah satu tantangan terberat yang seringkali terjadi pada para blogger pemula yang masih awal-awal ngeblog. Di awal mereka semangat dan konsisten menulis artikel, namun seiring berjalannya waktu terutama setelah dihadapkan dengan beberapa kendala seperti artikel tidak terindeks, ditolak Adsense dan rintangan semacamnya yang sempat penulis bahas pada artikel sebelumnya, akhirnya mereka merasa Down dan tidak ada semangat lagi untuk menulis lagi. Dan ujung-ujungnya blognya mati alias tidak berkembang lagi menjadi blog besar sebagaimana yang diidam-idamkan di awal wacana.

2. Siapkan Media dan Peralatan

    Persiapan berikutnya adalah peralatan atau media untuk bermain blog. Karena blogger adalah platform berbasis tulis-menulis jadi di sini kita hanya memerlukan perangkat yang cukup untuk mengetik. Sobat blogger bisa saja menggunakan Tablet, HP atau Laptop selama proses ketik-mengetik masih mungkin dilakukan dengan perangkat-perangkat tersebut. Namun untuk menunjang kemaksimalan ngeblog penulis sarankan sobat blogger menggunakan Laptop atau PC (Komputer).

    Bicara tentang spesifikasinya; apakah harus memakai Laptop berspesifikasi tinggi? Tidak harus. Tidak seperti Editing video, Live streaming atau pekerjaan berat lainnya; menulis di blogger tidak memerlukan Laptop atau PC berspesifikasi tinggi. Menggunakan Laptop spesifikasi 'Kentang' saja kalian sudah bisa membangun sebuah blog.

3. Siapkan Budget

     Poin yang ketiga ini sifatnya tidak wajib alias opsional, jika memiliki modal lebih tidak ada salahnya disisihkan sebagian untuk mengembangkan situs blog, kalaupun tidak punya modal lebih juga tidak masalah main blog secara gratis. Namun harap dimaklumi bila hasil yang diperoleh antara blog gratisan dengan blog yang bermodal tentu berbeda nantinya, umumnya potensi blog gratisan tidak jauh lebih baik dan kurang maksimal daripada blog yang bermodal; walaupun hal tersebut tidak mutlak.

    Lantas untuk apa Budget tersebut? Sejauh pengalaman penulis bermain di Blogger; Budget tersebut nantinya hanya dibutuhkan untuk beli Template Premium dan Domain saja. Untuk Template sekali beli berlaku selamanya sedangkan Domain sekali beli juga berlaku selamanya dengan sekali registrasi tiap tahunnya. Pembelian Domain bisa sobat blogger lakukan di situs resmi Rumahweb, Niagahoster atau situs web penyedia Domain terpercaya lainnya.


    Itulah beberapa pertimbangan yang bisa penulis sampaikan terkait persiapan sebelum sobat Blogger memutuskan merintis sebuah situs blog. Semoga tulisan singkat ini bisa menjadi bahan perenungan untuk temen-temen yang berminat terjun ke dunia Blogger. 

    Sebagai penutup; barangkali sobat Blogger ingin buat Blog namun merasa kesulitan atau belum akrab dengan dunia IT tidak perlu berkecil hati karena mimin ada penawaran Jasa Buat Blog SEO dengan beberapa pilihan paket menarik. Selebihnya bisa temen-temen kepoin detail lengkapnya dengan menghubungi kontak Admin melalui nomor 085 351 248 321.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

1 comment for "Beberapa Persiapan Sebelum Membangun Sebuah Blog"

  1. Pengen banget bikin blog kek gini, jadi penasaran perjuangannya mas hilman merintis blog ini.....

    ReplyDelete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)