Tingkatkan Kredibilitas Kepemilikan Situs di Google Search Console

    Oke sobat blogger pada postingan kali ini kita bahas kembali tentang Google Search Console (GSC). Lebih tepatnya tutorial yang penulis urai pada artikel kali ini adalah cara meningkatkan kredibilitas kepemilikan situs, terus terang saja sebetulnya belum ada bukti yang valid dan penulis sendiri tidak terlalu yakin apakah dengan cara verifikasi kepemilikan situs ini akan semakin meningkatkan nilai SEO atau justru tidak, namun admin memiliki pandangan bahwa barangkali semakin kuat kredibilitas kepemilikan situs yang kita kelola maka makin menarik pula blog kita di mata Google dan pada akhirnya situs kita diharapkan diistimewakan dan diprioritaskan pada peringkat-peringkat awal di SERP (Search Engine Result Page). Simak caranya dibawah ini;

1. Buka Google Console kemudian pilih properti blog kalian yang berdomain blogspot.com. Kemudian masuk ke menu 'Setelan' lalu silakan klik 'Verifikasi kepemilikan'.

1. Buka Google Console kemudian pilih properti blog kalian yang berdomain blogspot.com. Kemudian masuk ke menu 'Setelan' lalu silakan klik 'Verifikasi kepemilikan'.


2. Maka akan muncul beberapa metode verifikasi tambahan yang tersedia disana; beberapa akan kita kupas satu-satu lebih rinci pada uraian dibawah ini;

A. Tag HTML

1. Salin kode tag meta yang telah tersedia disana untuk nantinya disisipkan ke halaman blog.

2. Buka laman blogger kalian masuk ke menu 'Tema' kemudian 'Edit HTML'.


3. Lalu tempelkan tag meta yang telah disalin tadi tepat dibawah <Head> sebelum bagian <body> pertama kemudian jangan lupa disimpan.


4. Setelah berhasil tersimpan silakan kembali lagi ke halaman Google Console sebelumnya, kemudian klik 'Verifikasi'. Jika berhasil maka akan muncul pesan 'Berhasil diverifikasi' yang disertai tanda centang hijau. Yang perlu diingat adalah kode tag meta yang telah disisipkan tadi jangan sampai terhapus atau sengaja dihapus; walaupun verifikasi telah berhasil dilakukan.

B. Analitis Google

    Untuk metode verifikasi yang satu ini bisa langsung kalian verifikasi apabila kalian sudah membuat properti Google Analytics yang sudah dibahas pada artikel Caranya Menambah Properti Situs Baru di Google Analytics 2024

C. Google Tag Manager

    Verifikasi kepemilikan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Google Tag Manager. Yang harus kalian lakukan untuk metode ini adalah cukup dengan menautkan Akun Google Tag Manager ke situs blog yang telah penulis uraikan rangkaian langkah-langkahnya pada Panduan Mudah Cara Mengaitkan Google Tag Manager ke Blog.

D. Penyedia Nama Domain

    Berikutnya yaitu metode 'Penyedia nama domain'. Metode ini baru bisa dilakukan jika domain blog kalian sudah ditransformasikan dari domain gratisan (blogspot.com) ke domain TLD (Top Level Domain) yangmana tutorialnya telah dikupas tuntas pada artikel Mengalihkan Situs dari Blogspot ke Domain TLD di Google Search Console.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Tingkatkan Kredibilitas Kepemilikan Situs di Google Search Console"