Panduan Mudah Cara Mengaitkan Google Tag Manager ke Blog

    Halo para pejuang Blogger! Pada artikel kali ini kita akan ulas bareng-bareng satu tema blogging yang sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu seputar Google Tag Manager (GTM). Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama terdapat banyak tools yang disediakan Google seperti Google Analytics (GA), Google Search Console (GSC) dan masih banyak tools bermanfaat yang lainnya. Nah, ada satu layanan lagi namanya Google Tag Manager yang menarik kita sorot pada tulisan singkat kali ini.

    Barangkali sobat blogger masih ada yang asing dengan istilah Google Tag Manager; penulis terangkan singkat perihal tool menarik yang satu ini. Berdasarkan info yang mimin dapatkan dari Niagahoster; sekilas Google Tag Manager hampir persis dengan Google Analytics yangmana fungsinya ialah untuk memantau aktivitas pengunjung / pembaca situs blog dengan cara menyisipkan 'Tag', sedangkan yang dimaksud dengan 'Tag' pada konteks ini adalah kode script yang disisipkan di bagian Head HTML. Sehingga dengan demikian; kita selaku pengelola website bisa mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung blog; link apa yang diakses, produk mana yang dipesan dan fungsi-fungsi semacamnya.

    Lantas muncul pertanyaan "Apa bedanya dengan Google Analytics?". Google Analytics diatur dengan Hard-Coded yaitu satu istilah dimana dalam penyetelannya harus memberdayakan tenaga jasa para pengembang Web (Web Developper) yang nantinya akan mereka lakukan menggunakan skill coding secara manual. Kendati demikian bukan serta-merta GTM bisa mengganti posisi GA, keduanya tetap bisa dikombinasikan sehingga keduanya bisa saling melengkapi dan memaksimalkan tracking aktivitas yang terjadi pada sebuah situs web. Tidak perlu bertele-tele lagi langsung pantengin langkah-langkah panduannya;

1. Silakan buka terlebih dahulu website Google Tag Manger melalui browser masing-masing; bisa mode Desktop ataupun Mobile.

2. Maka sobat blogger akan melihat tampilan awal Google Tag Manager seperti gambar dibawah. Langkah selanjutnya silakan klik tombol 'Buat akun' untuk membuat penampung yang baru.

2. Maka sobat blogger akan melihat tampilan awal Google Tag Manager seperti gambar dibawah. Langkah selanjutnya silakan klik tombol 'Buat akun' untuk membuat penampung yang baru.

3. Berikutnya kalian akan diminta untuk melengkapi detail informasi website masing-masing. Nama akun isikan sesuai dengan nama blog, negara cukup sesuaikan saja di negara mana kalian mengelola blog, untuk nama penampung silakan cantumkan link URL blog kemudian Platform target silakan pilih yang 'Web'. Terakhir klik 'Buat'.



4. Lantas kalian akan diperlihatkan semacam perjanjian kontrak kesepakatan ketentuan layanan Google Tag Manager, silakan centang checklist yang ada dibawah kemudian klik tombol 'Yes' yang ada di sudut kanan atas layar untuk melanjutkan.


5. Pada langkah ini kita perlu mengaitkan situs blog dengan Google Tag Manager yaitu dengan cara menyisipkan kode script. Untuk melakukan itu silakan sobat blogger menuju ke menu 'Admin' lalu pilih menu 'Instal Google Tag Manager'.


6. Maka akan ada muncul sembulan pada bilah di sebelah kanan, disana terdapat kode script yang harus kalian sisipkan ke setiap halaman situs blog temen-temen agar bisa terkoneksi.


7. Buka dashboard blogger kalian masing-masing kemudian ke menu 'Tema' untuk menyisipkan kode script yang telah disalin sebelumnya di pengaturan HTML. Letakkan tepat dibawah kode <head> lalu jangan lupa disimpan.



8. Setelah disimpan biasanya malah akan muncul peringatan seperti gambar diatas yang artinya kode script tidak tersimpan dengan benar dan perlu ditinjau kembali. Untuk mengatasinya silakan hapus kode &1 dengan hati-hati (Lihat gambar), kemudian simpan kembali.

9. Setelah berhasil tersimpan langkah terakhir ini sifatnya lebih Opsional saja hanya untuk memastikan apakah situs blog benar-benar telah terhubung dengan GTM. Isikan URL situs blog kalian ke kolom yang tersedia lalu klik 'Uji', apabila setelah pengujian muncul tanda centang berwarna hijau itu artinya situs blog telah ditautkan dengan benar.


Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Panduan Mudah Cara Mengaitkan Google Tag Manager ke Blog"