Tutorial Pasang Domain TLD Blogger dari Rumahweb dengan Mudah 2023

    Beberapa waktu lalu admin sudah sempat menulis Tingkatkan Blog dengan Membeli Domain di Rumahweb. Disana telah penulis bahas tentang cara beli domain TLD (Top Level Domain) dan di artikel ini kita lanjutkan dengan cara memasangnya di blog temen-temen sekalian. Berhubung tutorial ini lumayan sedikit panjang, Kuy! langsung kita kupas tuntas disini;

1. Sama seperti sebelumnya buka situs resmi rumahweb.com kemudian klik kotak warna hijau bertuliskan 'Domain Active'.


2. Setelah itu akan muncul daftar domain yang pernah terbeli; yang sudah aktif maupun yang sudah kadaluwarsa. Lalu silahkan sobat blogger klik 'Manage' untuk melakukan pengaturan lebih lanjut.


3. Maka akan muncul banyak pilihan pengaturan yang tersedia. Disini kita harus menyetel pengaturan DNS Management, silahkan klik DNS Management.


4. Apabila muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini silahkan langsung kalian klik saja 'Aktifkan'.


5. Lantas tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah. Sekarang yang harus kalian lakukan adalah menambahkan 'Add Record' yang baru. Silahkan klik 'Add New Record'.


6. Setelah diklik lantas tampilan halaman akan berubah lagi seperti gambar dibawah.


7. Buka laman dashboard blogger kalian kemudian masuk ke menu 'Setelan' dan pilih 'Domain Kustom'. (Lihat gambar)


8. Silahkan masukkan link URL blog temen-temen dengan domain baru yang akan dipasang. Jangan lupa untuk menambahkan 'www' di depannya. Kemudian klik 'Simpan'.


9. Setelah disimpan maka akan muncul tulisan merah seperti gambar dibawah. Silahkan salin tulisan yang bergaris bawah (www dan ghs.google.com), agar tidak repot bisa kalian tempelkan dahulu di notepad, microsoft atau semacamnya.


10. Kembali ke laman Rumahweb kemudian tempelkan tulisan yang telah disalin sebelumnya dan setel pengaturannya dengan format seperti dibawah ini lalu klik 'Add Record'. (Lihat gambar)

Domain = www
TTL = 14400
Record Type = CNAME
Hostname = ghs.google.com


11. Penambahan 1 Add Record akhirnya berhasil sobat blogger lakukan. Lalu klik kembali 'Add New Record'
.

12. Kembali ke laman blogger lagi. Silahkan temen-temen salin dan simpan lagi tulisan bergaris bawah (dgkxefd3h34c dan gv-tenqwltiet5h36.dv.googlehosted.com).

13. Tempelkan tulisan yang telah disalin tadi dan setel pengaturannya dengan format seperti dibawah ini lalu klik 'Add Record'. (Lihat gambar)

Domain = dgkxefd3h34c
TTL = 14400
Record Type = CNAME
Hostname = gv-tenqwltiet5h36.dv.googlehosted.com


14. Berikutnya silahkan kalian buka https://support.google.com/blogger/answer/1233387 kemudian cari 4 IP Google seperti gambar dibawah. Sekarang kita harus masukkan keempat IP tersebut.


15. Kembali lagi ke Rumahweb tambahkan Record baru lalu tempelkan IP yang pertama (216.239.32.21) sesuai format dibawah ini. (Lihat gambar)

Domain = (Biarkan kosong)
TTL = 14400
Record Type = A
IP or Hostname = 216.239.32.21


16. Isikan format berikut;

Domain = (Biarkan kosong)
TTL = 14400
Record Type = A
IP or Hostname = 216.239.34.21



17. Isikan format berikut;

Domain = (Biarkan kosong)
TTL = 14400
Record Type = A
IP or Hostname = 216.239.36.21


18. Isikan format berikut;

Domain = (Biarkan kosong)
TTL = 14400
Record Type = A
IP or Hostname = 216.239.38.21


19. Setelah semuanya sudah ditambahkan maka jumlah total DNS ada 6. Pastikan semuanya ada 6 sebab bila kurang 1 saja blog temen-temen akhirnya tidak akan bisa diakses. (Lihat gambar)


20. Sekarang kalian kembali ke laman blog tadi, lalu klik 'Simpan'.


21. Kalian wajib aktifkan 3 fitur yang tersedia setelah menyetel domain baru; 'Alihkan Domain', 'Ketersediaan HTTPS' dan 'Pengalihan HTTPS'




22. Selesai sudah proses pemasangan domain TLD ke blog temen-temen sekalian. Ketika kalian membuka blog tidak perlu khawatir jika tidak bisa dibuka dan malah muncul peringatan seperti gambar dibawah (Browser admin berbahasa Arab), kalian harus bersabar menunggu beberapa menit atau mungkin bisa lebih lama dan nantinya blog temen-temen sudah bisa dibuka dengan sendirinya dan telah berdomain TLD.


Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Tutorial Pasang Domain TLD Blogger dari Rumahweb dengan Mudah 2023"

  1. Kebetulan pas pasang domain kemren saya minta tolong temen saya mas..nah itu ..agak ribet dan gak ngerti istilah"nya ,maklum saya juga newbie hehehe..tapi makasih tutorial nya mas..nambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, makanya saya buat artikel ini barangkali bisa membantu blogger-blogger yang mau ganti domain :)

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)