Pilihan Warung Soto Terbaik di Sekitar Kota Jember

    Indonesia merupakan negeri yang menyimpan aneka ragam kuliner yang menggugah selera dan bahkan tidak jarang pula sampai menarik minat wisatawan dari luar Indonesia hingga mereka rela mengorbankan tenaga, waktu serta ongkos hanya demi bisa mencicipi kuliner dari Nusantara. Diantara sekian banyak kuliner yang digandrungi oleh banyak orang adalah makanan berkuah yang dikenal dengan sebutan 'Soto'.

    Di beberapa daerah penamaan kuliner ini berbeda-beda, di daerah Makassar disebut Soto atau Coto, sementara di daerah Pekalongan disebut Tauto (Tauco soto), sedangkan di daerah Purwokerto dan Banyumas lebih akrab disebut dengan Sroto. Jika dilihat-lihat sepintas; Soto adalah salah satu masakan berkuah Indonesia dengan beberapa macam bahan berupa bumbu, lada, sayur dan seterusnya yang berbeda tergantung varian bahan-bahan yang digunakan dari masing-masing daerah. Pada akhirnya muncullah macam-macam sajian soto; mulai dari  soto ayam, soto sapi, soto kerbau, soto itik (bebek), soto kikil, soto bekicot dan sebagainya. Juga Soto dengan embel-embel penamaan wilayah atau kotanya. Seperti Soto Betawi, Soto Mie Bogor, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Bandung, Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Padang, Soto Banjar dan lain-lain. 

    Bicara tentang sejarah munculnya Soto; seorang sejawaran Prancis bernama Denys Lombard, pernah menulis dalam bukunya berjudul Nusa Jawa Silang Budaya : Jaringan Asia bahwa orang-orang Tionghoa merupakan akar yang menjadi cikal bakal kelahiran masakan Soto. Kata 'Soto' awalnya diambil dari bahasa Mandarin 'Caudu' atau 'Jao To'. Masakan khas Tionghoa tersebut, kali pertama populer di kota Semarang pada abad ke-19. Pada gilirannya Soto pun menjadi produk Hybrid lalu mengakar bercampurbaur dengan beragam tradisi budaya kuliner Nusantara. Dari dapur kaum Tionghoa selanjutnya Soto menjalar ke masyarakat lokal pada saat itu. Penggunaan dagingnya pun tak sebatas dengan daging ayam dan daging sapi, makin lama semakin beragam seperti Soto Bebek dari Tegal, Soto Kelinci di Lembang, Soto Kerbau dari Kudus, Soto Kepiting dari Banjarmasin, Soto Bandeng di Lamongan dan Bangkalan, dan Soto Bekicot di Kediri.

    Penyebaran tersebut tentunya juga sampai ke daerah Pandhalungan. Barangkali temen-temen ada yang berlokasi di Jember berikut ini telah mimin urai deretan rekomendasi warung Soto di sekitar kota Jember;

1. Soto Ayam H. Syukri Sumbersari

 

2. Soto Ayam Madura Sumbersari

 

3. Mawar Chicken Soto Sumbersari

 

4. Warung Soto Pak Sup Ajung Klanceng

 


Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

2 comments for "Pilihan Warung Soto Terbaik di Sekitar Kota Jember"

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)