Sederet Situs Web Penyedia Referensi Berbahasa Arab

    Dalam ruang lingkup Perguruan Tinggi di negara Indonesia setidaknya ada 2 Program Studi yang referensinya sangat dianjurkan atau bahkan diharuskan berbahasa Arab; bukan terjemahan dari Arab ke Indonesia yaitu Bahasa Sastra Arab (BSA) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Walaupun demikian, tidak jarang juga referensi berbahasa Arab digunakan di Prodi berbasis agama Islam lainnya sebagai bahan bacaan tambahan oleh beberapa mahasiswa yang memang sangat menguasai dasar-dasar bahasa Arab.

    Mengingat kita tinggal di negara yang bahasa utamanya tidak menggunakan bahasa Arab, tentunya menemukan buku kontemporer berbahasa Arab merupakan hal yang bisa dibilang cukup rumit. Kalaupun ada; mungkin hanya segelintir saja toko Kitab yang ada di kawasan tertentu, itupun juga mungkin hanya sebatas menjual kitab-kitab Salafiyah yang sering dikaji di Pondok Pesantren; bukan kitab-kitab Kontemporer berbahasa Arab. Jika demikian problemnya, maka mau tidak mau solusinya adalah beli secara online di Marketplace online atau toko kitab yang berlokasi di luar kota atau bahkan di luar negeri dan tidak memungkinkan kita untuk pergi ke lokasi tersebut karena jaraknya yang jauh, itupun beberapa orang terkadang masih ada yang terkendala untuk beli karena budget di kantong yang minim atau ingin pinjam ke teman terdekat ternyata tidak ada yang punya.

    Solusi terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah baca atau unduh E-book berbahasa Arab melalui situs web yang bertebaran bebas di Internet. Sepintas; solusi final ini merupakan cara paling mudah, efisien dan tidak perlu mengeluarkan banyak modal, namun nyatanya tidak demikian adanya. Mengapa demikian? Karena tidak semua terbitan buku bisa diunduh secara gratis demi menjaga Copyright atau hak cipta penerbit buku. Umumnya ketika ingin mengunduh E-book kita akan menemui beberapa kendala; seperti tampilan halaman buku yang tidak lengkap, pengalihan iklan yang berlebihan, Broken link (Tautan unduhan terhapus, rusak atau hilang), E-book tidak tersedia dan kendala-kendala lainnya. Barangkali sobat blogger ingin cari-cari referensi dari E-book kontemporer berbahasa Arab, berikut ini telah mimin rangkum sederet situs web penyedia buku-buku berbahasa Arab Klasik maupun Kontemporer yang akan membantu kalian menemukan referensi sebagai bahan bacaan untuk tugas kalian di kampus;

1. Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/)

1. Maktabah Syamilah (https://shamela.ws/)

2. Waqfeya (https://waqfeya.net/)

2. Waqfeya (https://waqfeya.net/)

3. Maktabah Noor (https://www.noor-book.com/)

3. Maktabah Noor (https://www.noor-book.com/)

4. Maqhal Qutub (https://www.kutubpdfbook.com/)

4. Maqhal Qutub (https://www.kutubpdfbook.com/)

5. Internet Archive (https://archive.org/)

5. Internet Archive (https://archive.org/)

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Sederet Situs Web Penyedia Referensi Berbahasa Arab"