Panduan Lengkap Daftar Akun E-Library UIN KHAS Jember

    Hampir di semua lembaga pendidikan di Indonesia; walaupun tidak seluruhnya menyediakan fasilitas yang memadai sebagai penunjang proses belajar mengajar; mulai dari labolatorium, aula dan yang tidak kalah pentingnya lagi adalah perpustakaan. Dengan adanya perpustakaan diharapkan peserta didik akan semakin terbantu melanglang buana mencari wawasan ilmu pengetahuan. Sebagaimana yang kita lihat sekarang; perpustakaan saat ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur online dan bisa diakses secara online juga. Inilah yang saat ini biasa disebut dengan E-Library yang artinya sendiri adalah Perpustakaan Elektronik, Perpustakaan Digital atau juga kadang disebut dengan Perpustakaan Online.

    UIN KHAS Jember juga tidak ketinggalan dari hal yang demikian, selain perpustakaan fisik; UIN KHAS juga telah merilis sebuah aplikasi perpustakaan online sendiri bernama E-Library UIN KHAS. Aplikasi ini menyediakan banyak E-book dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan juga; mulai dari Ekonomi, Politik, Sastra dan masih banyak lagi. Ketentuan baca / pinjam E-book di aplikasi ini maksimal 3 hari, setelah habis 3 hari dan tidak ada perpanjangan peminjaman, maka E-book secara otomatis akan dikembalikan ke sistem aplikasi, dengan begitu tidak ada lagi namanya kasus mahasiswa dikenakan denda karena terlambat mengembalikan buku sepertihalnya saat pinjam buku secara offline.

    Untuk mengakses aplikasi tentu harus menggunakan akun E-Library masing-masing dan untuk mendapatkan akunnya tentu saja harus dengan mendaftar. Maka dari itu, kali ini telah mimin uraikan Step by Step lebih lanjut pada artikel ini.

1. Terlebih dahulu silakan sobat UIN unduh aplikasi E-Library UIN KHAS melalui Google Play Store masing-masing

2. Setelah berhasil terunduh buka aplikasinya. Maka tampilan awal akan tampak seperti gambar dibawah ini. Silakan langsung masuk menggunakan akun masing-masing jika sudah mempunyai akun, untuk yang belum punya akun harus mendaftar dahulu, silakan ketuk tombol 'Daftar' yang tersedia di bawah layar.


2. Maka kalian akan diminta melengkapi formulir mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, ID, nomor ponsel dan kata sandi. Untuk form ID silakan temen-temen isikan sesuai dengan email Google masing-masing. Setelah semuanya dilengkapi ketuk 'Selanjutnya'.


3. Selanjutnya kalian akan diminta melengkapi kembali info detail masing-masing; mulai dari Pendidikan, Pekerjaan, Kartu identitas, tipe identitas dan nomor kartu identitas. Untuk form kartu identitas, tipe identitas serta nomornya kalian bisa pakai KTP, SIM atau KTM. Setelah semuanya selesai, ketuk 'Kirim' namun sebelum itu pastikan chekclist 'Saya setuju....' sudah dicentang. 


4. Proses pendaftaran dianggap berhasil jika telah muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah yang intinya memberitahukan bahwa kalian diminta untuk mengecek link verifikasi yang telah dikirimkan sistem melalui email masing-masing. Jika email verifikasi tidak muncul di akun Gmail kalian silakan cek melalui folder spam.


5. Tampilan email verifikasi tampak seperti gambar dibawah. Untuk memverifikasi silakan ketuk tulisan 'Akitvasi' berwarna biru yang telah disediakan disana.


6. Setelah itu kalian akan mendapatkan pemberitahuan sebagaimana gambar dibawah ini yang menandakan bahwa akun E-Library UIN KHAS telah berhasil didaftarkan, sudah terverifikasi dan tinggal menunggu pengaktifan dari Admin perpustakaan.


    Setelah berhasil mendaftar maka kalianpun sudah siap untuk menyelami dunia ilmu pengetahuan secara Online hanya bermodalkan ponsel saja. yang menarik lagi adalah di aplikasi ini juga tersedia fitur 'Teman baca' untuk mencari teman sesama pengguna aplikasi E-Library UIN KHAS, dengan begitu disamping membaca-baca buku bacaan secara individual, kalianpun juga bisa mencari teman dan menjalin relasi dengan sesama mahasiswa UIN KHAS yang setia menikmati bacaan-bacaan E-book di aplikasi ini.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Panduan Lengkap Daftar Akun E-Library UIN KHAS Jember"