Bedah Buku Metodologi Penelitian Bahasa Arab Moh. Ainin

Metodologi Penelitian merupakan salah satu mata kuliah wajib yang pasti akan ditempuh oleh semua mahasiswa; apapun jurusannya.

    Metodologi Penelitian merupakan salah satu mata kuliah wajib yang pasti akan ditempuh oleh semua mahasiswa; apapun jurusannya. Mata kuliah ini tidak hanya sekedar tentang bagaimana caranya meneliti melainkan juga tentang apa yang diteliti dan mengapa hal tersebut perlu diteliti. Dengan kata lain kemampuan meneliti seseorang bukan hanya ditentukan oleh penguasaan metode penelitian namun juga terhadap substansi yang diteliti. Tidak terkecuali diantaranya adalah Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra; baik bahasa Inggris, Arab atau bahasa-bahasa yang lainnya. 

    Namun, pada artikel kali ini penulis akan lebih berfokus dan mengerucut pada Penelitian Bahasa Arab. Seorang calon peneliti tidak akan bisa melakukan penelitian bahasa Arab; sekalipun ia telah menguasai prosedur penelitian bila ia masih tidak memiliki kemampuan berbahasa Arab yang cukup. Maka dari itulah, tidaklah berlebihan jika mata kuliah ini dianggap sebagai mata kuliah yang paling komprehensif serta Akumulatif.

    Ada 1 buku menarik yang ingin mimin kenalkan kepada para pembaca sekalian pada uraian kali ini. Karya Prof. Dr. H. Moh. Ainin, M.Pd. berjudul Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Buku ini sangat penulis rekomendasikan untuk temen-temen sekalian sebagai bahan bacaan; khususnya kalian yang tengah menempuh kuliah jurusan Bahasa Arab karena di dalamnya memuat materi-materi inti yang berputar dalam ruang lingkup penelitian bahasa dan sastra. Secara umum buku ini terdiri dari 9 bab beserta sub-subnya yang penulis bocorkan sedikit sebagaimana berikut ini;
  • Bab I : Hakikat Penelitian
  • Bab II : Masalah dan Variabel Penelitian
  • Bab III : Hipotesis, Asumsi dan Manfaat Penelitian
  • Bab IV : Menyusun Tinjauan Pustaka
  • Bab V : Rancangan Penelitian
  • Bab VI : Populasi dan Sampel
  • Bab VII : Instrumen Penelitian, Pengumpulan Data dan Analisis Data
  • Bab VIII : Bidang Kajian Bahasa Arab
  • Bab IX : Penulisan Laporan dan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian
    Materi-Materi tersebut penulis rasa sudah cukup lengkap dijadikan sebagai rujukan untuk menunjang kelancaran proses penelitian bahasa dan sastra kalian. Barangkali berminat; teman-teman bisa cari buku ini di toko-toko buku terdekat atau beli secara online melalui Marketplace jika memang dirasa sulit ditemukan di toko buku terdekat.
    
    Namun berdasarkan pribadi; mengingat sulitnya menemukan buku ini, maka untuk memastikan apakah buku ini masih dicetak atau sudah tidak dicetak lagi, teman-teman bisa hubungi penerbit CV. Bintang Sejahtera Malang melalui nomor 085 102 744 383 atau 082 140 150 043. Bila kedua nomor yang tertera tidak bisa dihubungi silakan hubungi lebih lanjut melalui email cetakterbit.bs@gmail.com.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Bedah Buku Metodologi Penelitian Bahasa Arab Moh. Ainin"