Bentuk-Bentuk Kata dalam Bahasa Turki Part 2

Kata keterangan (Zarf / Belirteç)     Kata keterangan adalah kelas kata yang membantu menerangkan kata kerja, kata sifat atau keseluruhan kalimat secara lebih rinci. Dalam bahasa Turki Zarf juga terpecah menjadi beberapa klasifikasi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Secara umum ada 3 : 1. Zaman Zarfı     Untuk klasifikasi pertama ini fungsinya lebih spesifik ke sisi waktu / masanya; seperti kata geceleyin (tengah malam), yarın (besok), akşam (malam), dün (kemarin) dan seterusnya. Contohnya seperti pada kalimat Yarın akşam tiyatroya gideceğiz (Besok malam kami akan pergi ke pertunjukan teater). 2. Durum Zarfı      Kata keterangan yang kedua ini fungsinya adalah untuk membantu memperjelas suatu kegiatan dilakukan secara apa atau bagaimana; seperti böyle (begini), tek tek (satu per satu), hızlı (cepat) dan semacamnya. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat Odanın kapısını hızlı kapattım (Aku menutup pintu kamar dengan cepat). 3. Miktar Zarfı      Yang ketiga bisa juga kita sebut sebagai kata keterangan kuantitas. Fungsinya adalah menjelaskan seberapa banyak atau sejauh mana suatu hal terjadi atau dilakukan; seperti çok (sangat), daha (lagi/lebih) dan seterusnya. Contohnya seperti Başarılı olabilmek için çok çalışmalıyım (Aku harus belajar sangat tekun agar bisa berhasil).      Selain ketiga klasifikasi ditas masih ada jenis kata keterangan lainnya yang bisa kalian dalami pada tingkat yang lebih tinggi. Terkait bagaimana cara membedakan kata keterangan; belum ada teknik khusus membedakan kata keterangan secara akurat, akan t

 - Kata keterangan (Zarf / Belirteç)

    Kata keterangan adalah kelas kata yang membantu menerangkan kata kerja, kata sifat atau keseluruhan kalimat secara lebih rinci. Dalam bahasa Turki Zarf juga terpecah menjadi beberapa klasifikasi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Secara umum ada 3 :

1. Zaman Zarfı

    Untuk klasifikasi pertama ini fungsinya lebih spesifik ke sisi waktu / masanya; seperti kata geceleyin (tengah malam), yarın (besok), akşam (malam), dün (kemarin) dan seterusnya. Contohnya seperti pada kalimat Yarın akşam tiyatroya gideceğiz (Besok malam kami akan pergi ke pertunjukan teater).

2. Durum Zarfı

     Kata keterangan yang kedua ini fungsinya adalah untuk membantu memperjelas suatu kegiatan dilakukan secara apa atau bagaimana; seperti böyle (begini), tek tek (satu per satu), hızlı (cepat) dan semacamnya. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat Odanın kapısını hızlı kapattım (Aku menutup pintu kamar dengan cepat).

3. Miktar Zarfı 

    Yang ketiga bisa juga kita sebut sebagai kata keterangan kuantitas. Fungsinya adalah menjelaskan seberapa banyak atau sejauh mana suatu hal terjadi atau dilakukan; seperti çok (sangat), daha (lagi/lebih) dan seterusnya. Contohnya seperti Başarılı olabilmek için çok çalışmalıyım (Aku harus belajar sangat tekun agar bisa berhasil).

    Selain ketiga klasifikasi ditas masih ada jenis kata keterangan lainnya yang bisa kalian dalami pada tingkat yang lebih tinggi. Terkait bagaimana cara membedakan kata keterangan; belum ada teknik khusus membedakan kata keterangan secara akurat, akan tetapi setidaknya kita masih bisa menentukan kata keterangan berdasarkan bentuk luarnya dengan 2 cara :

1. Sufiks -le dan -la. Umpama seperti kata özellikle (gabungan dari dari özellik dan ile) yang artinya 'Khususnya'.

2. Sufiks -ca, -ce, -ça, -çe. Seperti pada contoh kata çocukça dalam kalimat çocukça hareket ediyorsun (Kamu berperilaku seperti anak-anak).

    Namun, lagi-lagi perlu diingat kembali bahwa 2 ciri-ciri diatas tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menentukan kata keterangan. Sebab pada pembahasan lain juga akan ada kata bersufiks sama namun ternyata tidak masuk kategori kelas kata Zarf.

- Preposisi / Kata depan (Edat / İlgeç)

    Kelas kata berikutnya adalah Preposisi atau lebih akrab kita dengar sebagai kata depan. Preposisi adalah kata yang dipakai untuk menghubungkan kata dengan klausa atau klausa dengan kalimat; seperti İcin, (Karena / Untuk), İle (Bersama / Dengan), Gibi (Seperti), Kadar (Dengan kadar), Göre (Menurut) dan semacamnya. Contoh seperti pada kalimat Yağmur yağdığı için ıslanmış (Dia basah karena hujan).

    Berulang-ulang kali telah penulis katakan; lagi-lagi contoh-contoh diatas tidak bisa serta-merta kalian tetapkan sebagai Preposisi secara mutlak. Beberapa kata serupa terkadang juga bisa menjadi kata sifat dan kata hubung, sehingga tidak ada cara lain lagi selain menghafal banyak kosakata dari kamus.

- Konjungsi / Kata hubung (Bağlaç)

    Konjungsi atau kata hubung adalah kelas kata yang memiliki fungsi sebagai 2 kata, frasa ataupun kalimat. Kata hubung sendiri jumlahnya sangat banyak; seperti ve (Dan), veya (Atau), ancak (tetapi) dan semacamnya. Sebagai contoh; kita ambil dari kalimat Eve uğradı ve biraz eşya aldı (Dia pulang ke rumah dan membeli beberapa barang).

- Interjeksi / Kata seru (Ünlem)

    Dalam gramatikal bahasa Turki kelas kata ini disebut Ünlem atau kata seru. Kata seru yang dimaksud disini adalah ungkapan tertentu disertai rasa emosional untuk menampakkan perasaannya; umumnya hanya terdiri dari satu kata saja. Contohnya seperti Amun yang berarti "Aduhai", "Wahai" dan "Ya" pada kalimat 'Aman allahım (Wahai tuhan).

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Bentuk-Bentuk Kata dalam Bahasa Turki Part 2"