Bentuk-Bentuk Kata dalam Bahasa Turki Part 1

Selam para Polyglotters! Beranjak ke materi berikutnya yaitu terkait bentuk-bentuk kata dalam bahasa Turki, sepertihalnya dalam bahasa-bahasa yang lain yang memiliki bentuk kata seperti kata benda, kata kerja, kata sambung dan masih banyak lagi. Disini penulis ingin terangkan sedikit tentang bentuk-bentuk kata tersebut agar dipelajaran berikutnya temen-temen tidak merasa asing dengan istilah-istilah keturkian. Jika dalam bahasa Inggris pembahasan ini disebut dengan 'Parts of Speech', sedangkan dalam bahasa Turki disebut dengan 'Konuşma Parçaları'.

    Selam para Polyglotters! Beranjak ke materi berikutnya yaitu terkait bentuk-bentuk kata dalam bahasa Turki, sepertihalnya dalam bahasa-bahasa yang lain yang memiliki bentuk kata seperti kata benda, kata kerja, kata sambung dan masih banyak lagi. Disini penulis ingin terangkan sedikit tentang bentuk-bentuk kata tersebut agar dipelajaran berikutnya temen-temen tidak merasa asing dengan istilah-istilah keturkian. Jika dalam bahasa Inggris pembahasan ini disebut dengan 'Parts of Speech', sedangkan dalam bahasa Turki disebut dengan 'Konuşma Parçaları'.

    Konuşma Parçaları terdiri dari 8 pembagian dan bahasa apapun pasti membahas kelas kata ini :

- Kata benda (Isim / Ayın)

    İsim; atau bahasa Inggrisnya 'Noun' dan bahasa Arabnya اسم merupakan bahasa lain dari 'Kata benda'. Kata benda bisa berstatus sebagai subjek, objek dan kata keterangan. Kata benda bisa berupa nama orang, nama benda dan semacamnya.

    Secara umum kata benda dalam bahasa Turki memiliki 4 ciri-ciri :

1. Nama orang, Nama hari, Nama bulan, dan benda dan semacamnya

    Di bahasa manapun kata-kata berkategori tersebut sudah jelas merupakan kata benda dan tidak ada cara lain untuk membedakannya kecuali dengan dihafalkan.

2. Diakhiri -lik, -lık, -luk, dan -lük

    Bila kalian menemukan suatu kata yang diakhiri dengan imbuhan diatas, kemungkinan besar itu adalah kata benda. Biasanya imbuhan ini adalah perubahan dari kata sifat. Contohnya

- Güzellik artinya 'Kecantikan' diambil dari kata dasar Güzel (Cantik)

- Hastalık artinya 'Penyakit' diambil dari kata dasar Hasta (Sakit)

- Mutluluk artinya 'Kebahagiaan' diambil dari kata Mutlu (Bahagia)

- Köpüklük artinya 'Busa' diambil dari kata Köpük (Berbusa)

    Namun, tidak serta merta kita bisa memberikan kesimpulan akhir bahwa kalimat yang berakhiran imbuhan tersebut merupakan kata benda.

3. Diakhiri dengan -ce atau -ca

    Umumnya imbuhan akhir ini dipakai untuk kata kerja. Contohnya

- Düşünmek (Berpikir) menjadi Düşünce (Pikiran / Ide)

- Eğlenmek (Bersenang-senang) menjadi Eğlence (Kesenangan)

4. Diakhiri dengan -cu, -ci, -cı, -cü, -çi, -çı

    Imbuhan ini biasanya berasal dari kata kerja atau kata benda yang bermakna profesi; dengan kata lain yang menunjukkan makna 'Tukang / Ahli' dalam bidang tertentu. Contohnya

- Balıkçı artinya Nelayan / Tukang ikan yanng diambil dari kata benda Balık (Ikan)

- Biletçi artinya Kondektur / Tukang tiket yang diambil dari kata benda Bilet (Tiket)

- Sürü artinya Pengendara / Pengemudi yang diambil dari kata kerja Sürmek (Berkendara)

- Konuşma artinya Pembicara / Moderator yang diambil dari kata kerja Konuşmak (Berbicara)

- Eylemci artinya Akitivis / Tukang beraksi yang diambil dari kata benda Eylem (Aksi)

- Kurucu artinya Pendiri yang diambil dari kata kerja Kurmak (Mendirikan)

    Namun, penulis katakan ulang bahwa ciri-ciri diatas hanya ciri-ciri secara garis besar saja yang artinya kaidah-kaidah diatas tidak bisa dijadikan tolak ukur yang paten untuk menentukan kata benda sebab masih banyak cara mengidentifikasi kata benda yang memang tidak disebutkan disini. 

- Kata ganti (Zamir)

    Kata ganti dalam bahasa Turki merupakan materi yang harus dikuasai oleh para pembelajar bahasa Turki. Adapun pembahasannya akan diterangkan pada artikel-artikel selanjutnya.

- Kata kerja (Fiil)

    Kelas kata yang satu ini bisa terbilang cukup mudah cara identifikasinya. Setidaknya ada 3 cara untuk mengenali Fiil yang penulis ketahui;

1. Perhatikan akhiran -mak atau -mek

    Contohnya seperti pada kata Beklemek (Menunggu), Söylemek (Berkata), Girmek (Memasuki / Masuk), Isıtmak (Memasak), Bakmak (Melihat), Okumak (Membaca) dan seterusnya

2. Mengetahui perubahan waktu (Tenses)

    Sebagai pengantar pelajaran disini mungkin penulis contohkan 4 penanda waktu yaitu -uyor, -er / -ir, -acak / -ecek dan -di / -de.

3. Mencermati akhir kalimat

    Salah satu ciri khas dari bahasa Turki adalah kata kerjanya yang sudah pasti diletakkan di akhir kalimat; sepanjang apapun kalimatnya. Walaupun tidak absolut, namun susunan bahasa Turki secara resmi memang demikian. Contohnya 'Seni uzaktan görünce derhal tanıdık' (Kami langsung mengenalmu ketika melihat dari jauh).

Adjectiva / Kata sifat (Sıfat / Amaçlı)

    Adjectiva atau bahasa Turkinya disebut Sıfat merupakan penamaan lain dari kata sifat dan kelas kata ini merupakan yang tersulit diidentifikasi. Kata sifat memiliki 4 bentuk :

1. Kata sifat murni

    Yang dimaksud 'Murni' disini adalah Kata sifat yang berfungsi memperjelas suatu kata benda atau biasa disebut 'Sıfat tamlaması' (Frasa Adjectiva). Contohnya Kırmızı adam (Manusia merah), Zayıf bir kedi (Seekor kucing yang kurus), Aylak kadın (Perempuan yang malang)

2. Kata sifat dari Kata benda

    Bisa juga kata sifat diambil dari kata benda tertentu setelah menerima tambahan sufiks (Imbuhan). Umpamanya seperti kata Güneşli gün (Hari yang cerah), Güneşli diambil dari kata Güneş yang artinya adalah Matahari dan imbuhan li merupakan sufiks untuk mengubah kata benda (Matahari) menjadi kata sifat (Cerah).

3. Kata sifat dari Kata kerja

    Biasanya disebut dengan 'Sıfat fiiller' (Kata kerja yang menjadi Kata sifat), yaitu proses pengambilan kata kerja agar bisa dijadikan Kata sifat. Umumnya diakhiri dengan sufiks-sufiks tertentu seperti contoh-contoh berikut ini;

- Okunmak (Dibaca) + -acak menjadi Okunacak kitap (Buku yang akan dibaca)

- Haşlanmak (Memasak / Merebus) + -ış menjadi Haşlanmış mısır (Jagung rebus)

- Koşmak (Berlari) + -an menjadi Koşan kızlar (Cewek-cewek yang berlari)

4. Kata sifat sebagai Kata benda

    Dalam bahasa Turki, acapkali kata sifat murni dipakai sebagai kata benda dengan mengimbuhkan sufiks kepemilikan (İyelik Ekleri). Contohnya seperti dibawah ini;

- Tatlım artinya 'Manisku' diambil dari kata 'Tatlı' (Manis, Imut)

- Güzelim artinya 'Cantikku' diambil dari kata 'Güzel' (Cantik)

- Küçüğüm yang artinya 'Mungilku' diambil dari kata 'Küçük' (Kecil, Mungil)

    Sebenarnya pemakaian ini jarang diterapkan dalam bahasa resmi (formal), namun pemakaian ini terlihat mencolok / sering digunakan dalam bahasa percakapan (Informal).

    Oke temen-temen perlahan tapi pasti; mungkin penulis cukupkan sampai disini terlebih dahulu materi kali ini agar tidak terlalu panjang dan membosankan. Artinya masih tersisa 4 bentuk-bentuk kata yang belum dijelaskan dan akan diterangkan pada artikel selanjutnya yakni Bentuk-Bentuk Kata dalam Bahasa Turki Part 2.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Bentuk-Bentuk Kata dalam Bahasa Turki Part 1"