Warung Jual Gado-Gado Favorit Warga Jember

    Mana nih suara pengidola Gado-gado? Bila salah satunya ada diantara kalian, tidak ada salahnya baca sejenak artikel ini. Sudah lama sekali penulis tidak membahas seputar kuliner, terakhir kali telah admin rilis daftar gerai Ayam Geprek yang ada di sekitar daerah Jember. Berikutnya yang akan admin uraikan disini adalah sederet warung-warung di Jember kota dan sekitarnya yang menjual Gado-gado. Tetapi sebelum itu; alangkah baiknya jika kita semua mengetahui dahulu sekelumit tentang kuliner satu ini.

    Menukil dari Baking World; Gado-gado merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang kerap diburu oleh banyak masyarakat; mulai dari masyarakat pribumi bahkan hingga para pelancong asing. Cita rasanya yang lezat dan menggugah selera membuat beberapa kalangan kecanduan menyantapnya, berdasarkan beberapa sumber; penamaan kuliner ini dengan sebutan 'Gado-gado' dinukil dari bahasa Portugis 'Gadu' yangmana artinya sendiri adalah semacam makanan yang bercampur baur dengan berbagai bahan makanan kemudian dikombinasikan menjadi satu jenis makanan. Sedangkan sumber lain mengatakan bahwa Gado-gado awalnya diambil dari bahasa Indonesia 'Digado' yang maknanya ialah makan tanpa nasi. Kedua penamaan itu memang sudah sesuai sebab kuliner ini disajikan dengan mengkombinasikan sayuran, tahu, telur rebus yang dipadukan dengan bumbu kacang. Selain itu penghidangannya juga tidak menggunakan nasi seperti Rawon, Soto dan seterusnya melainkan dengan irisan lontong.

    Terkait dengan penjelasan akar awal mula munculnya Gado-gado terdapat berbagai macam versi sejarah, namun yang terkenal ada 2 cerita; yang pertama mengatakan bahwa Gado-gado ini merupakan hasil dari pengaruh budaya dari bangsa Portugis yang dibawa ke Indonesia pada sekitar abad ke-16. Kemudian menurut cerita kedua menyatakan bahwa Gado-gado diciptakan pertama kali oleh etnis Tionghoa, ketika merantau ke Betawi mereka membuat sejenis makanan baru meniru kuliner Pecel buatan orang-orang Jawa yang berbahan khas bumbu saus kacangnya, yang membedakan diantara keduanya; Pecel disajikan dengan nasi sedangkan Gado-gado dihidangkan dengan lontong.

    Berikut ini telah penulis rilis daftar kedai atau warung Gado-gado favoritnya Wong Jember yang tersebar di sekitar kota Jember;

1. Soto Pak Ali Lamongan Kebonsari, Sumbersari

1. Soto Pak Ali Lamongan Kebonsari, Sumbersari


2. Gado Gado Lamongan Alun Alun Tegal Rejo, Jemberlor, Patrang

Warung Jual Gado-Gado Favorit Warga Jember


3. Gado-Gado Cak Ipunk IWJ Jember Kidul, Kaliwates (Selatan Lippo Plaza)

 


4. Gado-Gado Lamongan Barokah Kebonsari, Sumbersari

 


5. Gado-Gado Pak Sukardi Jember Kidul, Kaliwates



6. Gado-Gado Pak Sugiyono Krajan, Jemberlor, Patrang



7. Gado-Gado Cak Kim Gebang, Patrang



8. Gado-Gado Cak Sadur Kaliwates Kidul, Kaliwates



9. Gado-Gado Bu Wiwik Kaliwates Kidul, Kaliwates



Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Warung Jual Gado-Gado Favorit Warga Jember"