Belajar Microsoft Office Word 2019 | Materi 1 | Istilah-Istilah Bagian Microsoft Word 2019

    Sebagai materi pembuka, terlebih dahulu kita harus mengenal bagian-bagian yang ada pada Microsoft Word, tata letaknya serta fungsi-fungsinya. Untuk versinya sendiri ada berbagai macam versi; mulai dari versi 2007, 2013, 2019 atau 2021. Masing-masing dari versi tersebut sebenarnya tidak berbeda jauh tampilan tata letaknya antar satu versi dengan versi yang lain, bedanya hanya dari sisi penambahan fitur terbarunya. Untuk mendapatkan Software ini bisa temen-temen unduh atau download secara gratis di internet; walaupun mungkin ada pembatasan fitur atau bisa kalian beli untuk mendapatkan fitur lengkapnya.

Microsoft Office Word 2019

   Bisa sobat blogger lihat pada gambar diatas, ada 11 bagian yang sudah admin berikan tanda dan akan kita preteli satu persatu di bawah ini :

1. Quick Access Toolbar


    Fitur ini letaknya ada di sudut kiri atas layar, dan fungsinya adalah memungkinkan seorang pengguna untuk menambahkan atau menghilangkan fitur command (perintah) yang kerapkali dibutuhkan oleh penggunanya. Caranya cukup kalian klik ikon tanda panah ke arah bawah kemudian tampilkan fitur command yang ingin diinginkan dengan cara diklik sampai keluar tanda centang, lalu klik lagi untuk menghilangkan tanda centang.

2. Title Bar

    Ada dibagian tengah paling atas, yaitu bar yang menampilkan judul file dokumen. Bila belum disimpan judul defaultnya akan bertuliskan 'Document1'.

3. Window Management (Kontrol Jendela)

    Bagian ini mencakup 3 fungsi; yaitu 'Tutup', 'Mengecilkan' dan 'Minimalkan. Letaknya ada di sudut kanan atas.

4. Ribbon

    Ribbon merupakan bagian utama yang didalamnya mencakup berbagai macam tombol command. Bagian ini terbagi menjadi beberapa Tab; mulai dari Tab File, Home, Insert, Draw, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help yang kesemuanya akan di kupas tuntas pada artikel-artikel selanjutnya.

5. Horizontal Ruler

    Bagian ini merupakan garis bantu yang membantu seseorang untuk mengatur dan menentukan batas horizontal (mendatar) margin.

6. Tab Management

    Fitur ini bisa dilihat di bagian pinggir kiri jendela dengan simbol seperti huruf 'L', fungsinya sendiri adalah untuk mengatur tabulasi ketikan.

7. Vertical Ruler

    Sama saja dengan poin ke-5; Horizontal Ruler, hanya saja garis bantu ini posisinya lurus tegak ke atas bawah (Vertikal).

8. Status Bar

    Terletak di sudut kiri bawah jendela, fungsinya adalah memberitahu penggunanya status pengerjaan di saat itu juga (Real-Time); seperti halamannya, jumlah kata yang telah diketik dan bahasa yang digunakan.

9. Page View

    Bagian ini bisa temen-temen lihat di sudut kanan bawah, disana ada 3 mode tampilan; Read mode, Print layout mode dan Web layout mode. Disebelahnya juga ada bar untuk memperbesar dan memperkecil tampilan Workspace (Lembar kerja).

10. Scroll Bar

    Bagian ini berfungsi untuk menggeser tampilan jendela secara Vertikal (Tegak lurus ke atas bawah) atau secara Horizontal (Mendatar); jika tampilan jendela diperbesar secara full.

11. Workspace

    Halaman berwarna putih polos yang ada di tengah-tengah layar monitor ini merupakan wadah / tempat untuk menuangkan hasil tulisan yang telah diketik, bagian ini biasanya lebih familiar dengan sebutan 'Lembar Kerja'.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Belajar Microsoft Office Word 2019 | Materi 1 | Istilah-Istilah Bagian Microsoft Word 2019"