Penambahan Fitur Ikuti Blog di Blogger

    Temen-temen blogger pasti tidak asing dengan istilah 'Subscribe' yang sering didengar di youtube, sesuai artinya; fitur ini memungkinkan seseorang untuk berlangganan dan mengikuti sebuah channel agar bisa mendapatkan notif ketika channel yang disubscribe mengupload video terbaru. Samahalnya demikian di blogger yang juga tersedia sepertihalnya fitur Subscribe di Youtube.


    Hanya saja bedanya jika di blogger; seperti biasa istilahnya adalah 'Ikuti' atau 'Follow' dalam bahasa inggris. Dengan fitur ini kita bisa memberikan akses kepada para pembaca setia yang ingin menunggu  postingan artikel terbaru sehingga tidak tertinggal info. Adapun cara-cara yang harus dilakukan adalah sebagaimana berikut :

1. Buka blogger.com lalu di dashboard masuk 'Tata letak'.

2. Klik 'Tambahkan Widget' pada bagan kotak Sidebar-sticky.


3. Setelah itu akan ditampilkan banyak widget-widget yang disediakan oleh blogger. Silahkan pilih widget 'Pengikut'.


4. Klik 'Simpan' saat muncul jendela kecil seperti gambar dibawah ini. Aktifkan widgetnya terlebih dahulu dengan menchecklist sebelum disimpan.


5. Buka laman blog maka widgetpun sudah muncul di template blog temen-temen serta tertera jumlah pengikut. Selanjutnya klik menu biru bertuliskan 'Ikuti'. Di step ke-5 ini sebenarnya kalian bisa cukupkan dan tidak perlu melanjutkan langkah ke-6 dan seterusnya. Artinya kalianpun sudah berhasil menambahkan fitur 'Ikuti Blog'.


6. Setelahnya kalian akan diarahkan ke jendela baru seperti gambar dibawah. Disini kita hanya perlu menyalin link URL nya saja lalu klik batalkan lalu tutup jendelanya. Untuk berjaga-jaga agar link URL yang telah disalin barusan tidak hilang, bisa temen-temen tempelkan dahulu ke Notepad, Microsoft atau semacamnya. 


7. Selanjutnya kembali ke dashboard blogger, klik ikon 'Pena' dari bagan widget yang sudah ditambahkan tadi.


8. Klik 'Hapus' untuk menghilangkan tampilan widget ini dari template laman blog kalian.


9. Untuk menambahkannya ke menu navigasi yang ada dibagian Header, salinlah kode dibawah ini;
<li><a href="https://www.blogger.com/follow.g?view=FOLLOW&blogID=1408594885368257362">Ikuti Blog</a></li>
    Kemudian pastekan kode tersebut di bagan 'Kode Menu Navigasi' yang sudah pernah dibahas pada artikel Tutorial Menambahkan Halaman di Menu Navigasi Template Viomagz sebelumnya. Ganti tulisan berwarna merah dengan link URL yang sudah dicopy atau disalin tadi lalu ubah tulisan oranye dengan teks yang akan ditampilkan di halaman blog. (Lihat gambar dibawah)


    Selesai sudah semua tahap-tahapannya, sekarang fitur Ikuti blog sudah berhasil terpasang di template blog temen-temen yang memakai template Viomagz versi terbaru. Seperti yang sudah penulis katakan sebelumnya; tutorial ini bisa kalian lakukan sampai step ke-5 saja sebab intinya memang pada 5 langkah itu saja dan khusus untuk pengguna template Viomagz bisa melanjutkan langkah ke-6 dan seterusnya.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

Post a Comment for "Penambahan Fitur Ikuti Blog di Blogger"