Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger

     Sebelumnya telah admin buat artikel tutorial Cara Membuat Halaman About di Blogger dan sekarang kita beranjak ke halaman wajib berikutnya yaitu halaman Privacy policy atau kebijakan privasi. Halaman nantinya akan berisikan beberapa informasi sistem kerja pengelolaan data para pembaca yang mengunjungi blog; umumnya berbahasa inggris.

    Silahkan ikuti panduan demi panduan dibawah ini;

1. Pertama-tama silakan sobat blogger Buka website Privacypolicyonline.com.

2. Tampilan awal akan tampak seperti gambar dibawah ini. Silahkan cantumkan nama dan dan alamat URL blog temen-temen pada kolom yang tersedia lalu dilanjutkan dengan klik 'Next'.


3. Lantas muncul 3 pengaturan yang harus dichecklist, silahkan checklist 'Yes' pada semua 3 pengaturan tersebut, kemudian masukkan dimana negara dan state (Provinsi) blog kalian berbasis.


4. Prosedur terakhir adalah memasukkan alamat email, masukkan email aktif kalian kemudian klik 'Create Privacy Policy'.


5. Seketika tampilan akan berubah seperti gambar dibawah, disana terdapat pratinjau halaman Privacy policy yang nantinya akan ditampilkan lalu silahkan salin ke Clipboard.


6. Kembali ke laman dashboard blogger kalian lalu buat halaman baru; bukan postingan.


7. Setelah itu klik pada ikon bergambar pena di kanan atas, maka terdapat 2 opsi; tampilan menulis dan tampilan HTML lalu pilih tampilan HTML.


8. Setelah disetel ke tampilan HTML tempelkan kode yang telah disalin tadi.


9. Kembali lagi ke tampilan menulis maka pratinjau halaman sudah bisa terlihat. Terakhir langsung saja temen-temen klik publikasikan.


    Itulah sekilas tutorial membuat halaman Privacy policy / Kebijakan privasi di blogger. Lalu apa fungsi dari halaman ini? Kenapa harus ada dalam sebuah Blog? Jika dipaparkan secara detail sebenarnya lumayan rumit dan penulis sendiri sejujurnya tidak terlalu paham juga, namun intinya adalah halaman ini fungsinya adalah sebagai pelindung data pengunjung / pembaca blog sehingga sifatnya menjadi legal serta aman diakses sehingga para pembaca tidak perlu merasa khawatir dengan data-data yang diakses oleh blog.

Sekian dan Semoga bermanfaat 🌟

Post a Comment for "Membuat Halaman Privacy Policy di Blogger"