3 Langkah Membangun Personal Branding Blog di Google Maps

    Siapa yang tidak tahu dengan Google? Rasanya tidak mungkin ada orang yang tidak tahu menahu tentang platform yang satu ini, mesin telusur ini nyaris digunakan di hampir seluruh negara; walaupun ada beberapa yang memblokir seperti China, Korea Utara dan beberapa negara lainnya.

    Selain itu, platform ini merilis banyak aplikasi; mulai dari Youtube, Gmail, Maps dan masih banyak lagi. Siapa sangka dari sekian banyak aplikasi rilisan google kita bisa manfaatkan salah satunya; yaitu Google maps, kita gunakan Google maps sebagai sarana penunjang untuk membangun personal branding blog untuk meningkatkan traffik pengunjung. Jadi di sini kita menjadi blogger sekaligus merangkap sebagai local guides yang tugasnya mengulas tempat, institusi, kantor, tempat wisata atau tempat lain. 3 langkah yang perlu dilakukan adalah :

1. Foto Tempat Kunjugan

    Setiap berkunjung ke suatu tempat; misalkan restoran, kantor atau yang lain, jangan lupa kalian ambil paling tidak 1 foto atau lebih; bisa bagian luar (Eksterior) atau bagian dalam (Interior).

2. Edit foto

    Setelah itu silahkan edit foto yang sudah dijepret tadi dengan menambahkan logo blog dan alamat URL blog temen-temen.

Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini; disini saya menjepret kolam renang di Jember, lalu disudut kiri atas saya tambahkan logo dan alamat URL blog ini.

Pemandian Kebong Agung, Gebang, Jember
Pemandian Kebong Agung, Gebang, Jember

3. Publish ke Google Maps

    Foto yang sudah diedit tinggal di publish ke Google maps, sertakan juga ulasan dan deskripsikan apa yang kalian temui disana; fasilitas, kenyamanan, pelayanan dan lain-lain. Jangan lupa berikan bintang 5; jika tempatnya terasa nyaman dikunjungi.

    Dengan melakukan 3 tahap diatas harap-harap ada orang yang tertarik mengunjungi blog temen-temen dan membuat orang penasaran siapa admin blog yang tercantum. Semakin banyak tempat yang diulas semakin baik, sebab dengan sering-sering mengulas itu artinya kalian meningkatkan kemungkinan peluang agar blog ditemukan oleh banyak orang.

Sekian dan Semoga Bermanfaat 🌟

6 comments for "3 Langkah Membangun Personal Branding Blog di Google Maps"

  1. Aku padahal sering mengulas tempat di Gmaps, cuma gak kepikiran pake trik ini. Nuwun mas tipsnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung dicoba mbak trik ini kaloq ngelencer" lagi :)

      Delete
  2. Thanks infonya mas, kapan2 mau saya cobain juga 👍

    ReplyDelete
  3. Aku mau lebih aktif nih kasih ulasan di Gmaps 😁. Selama ini suka nulis di sana juga mas, apalagi aku kan sering traveling dan kuliner. Utk cari tempat biasanya pake Gmaps. Tapi masih sesekali update di sana.

    Ntr mau lebih aktif lagi. Boleh juga tuh idenya, foto yg disubmit yg udh dikasih watermark blog kita yaa 👍. Ntr aku lakuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, setelah saya mikir-mikir panjang akhirnya kepikiran bangun personal branding pakek trik gini 😁

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)