Cara Menambah Produk Bukalapak di Android dan Desktop / PC / Laptop

    Oke para pembaca setia blog Mas Hilman, kali ini penulis ingin menulis seputar bisnis online yaitu Cara Menambah Produk Bukalapak di Android dan Desktop. Caranya sebenarnya tidak terlalu sulit kurang lebih mirip dengan artikel yang admin buat sebelumnya Cara Menambah Produk di Tokopedia. Namun agar lebih jelas akan coba penulis bantu bagi kalian yang merasa kebingungan. Pertama kita bahas dulu caranya melalui perangkat Desktop / Web :

1. Buka browser; bisa Google Chrome, Mozilla Firefox atau bisa yang lain kemudian silahkan searching Bukalapak Seller. Lalu seperti biasanya silahkan log in.

2. Selanjutnya pada tampilan Dashboard silahkan temen-temen menuju ke tulisan di sebelah kiri 'Jual Barang'.


3. Di versi Desktop ada 3 pilihan yang bisa kalian pilih untuk menjual produk di Bukalapak. Kalian bisa pilih salah satu dari 'Jual Satu Barang' atau 'Impor dari Instagram'. Untuk opsi 'Impor dari Marketplace lain' saat ini (saat artikel ini dibuat 24 Juni 2023) belum bisa dipilih karena masih dalam pengembangan.

    Tapi disini penulis pilih opsi yang pertama yaitu 'Jual Satu Barang'. Silahkan isikan informasi-informasi yang perlu dicantumkan meliputi :

- Nama Barang

- Kategori Barang

- Harga Satuan Barang

- Harga Grosir (Opsional)

- Stock Barang

- Pembelian Minimum

- Pembelian Maksimum (Opsional)

- Kondisi Barang

- Barang Impor (Opsional)

- Varian Barang (Opsional)

- Foto Produk (Disarankan 3 foto)

- Video Barang (Opsional)

- Deskripsi Barang

- Pengelompokan Barang (Etalase, Tag dan SKU)

- Berat Barang

- Ukuran Barang (Opsional)

- Jasa Pengiriman Khusus (Opsional)

- Waktu Proses Pesanan

- Asuransi Pengiriman (Opsional)

- Promosi Barang (Opsinal)

- Asuransi Ongkir Retur Pelapak (Opsional)


4. Kemudian setelah semua informasi-informasi diatas sudah dilengkapi, klik 'Jual' untuk menjual barangnya, klik 'Jual & Tambah Lagi' jika ingin menjual barangnya dan mengupload barang lain lagi untuk dijual atau klik 'Simpan ke Draf' jika masih belum ingin diupload atau masih ada informasi yang ingin diedit lagi kedepannya.


5. Setelah sudah di klik 'Jual' maka kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa produk telah berhasil ditambahkan yang artinya barang sudah terupload dan siap untuk dijual.

    Sekarang kita beralih ke tutorialnya di Android :

1. Silahkan unduh aplikasi Bukalapak lebih dulu dan pasang di Android masing-masing. Seperti biasanya aplikasi bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Yang harus diunduh adalah aplikasi 'Bukalapak' yang biasa tanpa embel-embel kata 'Seller', sebab fitur-fitur untuk pelapak / penjual digabungkan menjadi satu ke dalam aplikasi Bukalapak untuk pembeli.

2. Setelah dibuka dibagian bawah ada 5 menu silahkan pilih menu 'Akun' yang paling kanan.


3. Ada 2 opsi disana; ada opsi Pembeli dan opsi Pelapak. Untuk menjual barang silahkan pilih opsi 'Pelapak' dan telah terdaftar, jadi jika belum mendaftarkan diri akses menjadi Pelapak belum bisa dilakukan dan untuk pendaftarannya umumnya dengan cara foto KTP dan foto selfie dengan KTP langsung melalui aplikasi juga.


4. Untuk menambahkan produk langsung saja tekan / klik pada menu 'Tambah Barang'


5. Lengkapi informasi atau spesifikasi barang / produk yang ingin ditambahkan.


6. Jika semuanya sudah dilengkapi klik / sentuh pada menu 'Jual' dibawah.


    Sekedar informasi untuk kalian, jika setelah mengupload produk temen-temen mendapatkan peringatan seperti gambar dibawah ini bertuliskan 'Maaf hanya Seller Kurasi Bukalapak yang bisa berjualan di kategori ini' itu artinya barang yang kalian upload tidak mematuhi ketentuan dan syarat dari Bukalapak dengan kata lain harus diganti dengan produk lain yang sesuai dengan ketentuan dari pihak Bukalapak.

    
    Demikian mungkin postingan singkat terkait tutorial Cara Menambah Produk Bukalapak yang bisa penulis sharing pada temen-temen pembaca setia blog ini, semoga bermanfaat dan bisa memecahkan kebingungan kalian. Berikutnya untuk para pembaca blog sekalian barangkali berminat yuk cek barang-barang menarik di toko saya Masubaidstore (MUS) Jember. Langsung masukkan barangnya ke keranjang dan checkout barangnya sebelum kehabisan stock.

Sekian dan Terima Kasih 🌟

3 comments for "Cara Menambah Produk Bukalapak di Android dan Desktop / PC / Laptop"

  1. Peringatan setelah upload produk itu penyebabnya apa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaloq berdasarkan pengalaman pribadi mungkin karena semacam produk bermerek gitu sih,, jadi hanya bisa dijual oleh pabrik aslinya gitu

      Delete
    2. Oo, gitu. Terima kasih infonya bang 👍

      Delete

Aturan berkomentar di Blog MH :

- Silahkan berkomentar dengan yang baik, sopan dan santun

- Tidak berkomentar negatif atau merendahkan pihak tertentu

- Jika ingin BW, mohon tidak menyisipkan link aktif di kolom komentar. Cukup dengan komentar biasa, pasti akan admin BW balik

- Komentar yang tidak taat aturan tidak akan ditampilkan

Terima Kasih atas pengertian dan perhatiannya :)